Warga Palembang Diimbau Tak Jumatan, MUI: Ganti dengan Salat Zuhur di Rumah

Sindonews.com, Berli Zulkanedy ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 11:39 WIB
Warga Palembang Diimbau Tak Jumatan, MUI: Ganti dengan Salat Zuhur di Rumah
Salat Jumat saat wabah virus corona (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Warga Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) diimbau agar tidak melakukan salat Jumat di masjid. Imbauan ini diserukan oleh Pemkot, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palembang.

Seruan bersama ini tertuang dalam surat No 4511.II/000756/II/2020, Nomor 020/MUI-PLG/III/2020, dan nomor 015/DMI-PLG/III2020 tentang penyelenggaraan salat jumat. Surat ini ditandatangani petinggi yakni Wali Kota Palembang Harnojoyo, Ketua MUI Palembang Saim Marhadan dan Ketua DMI Palembang Deri Priansyah.

"Sehubungan dengan arahan presiden, Fatwa MUI pusat, maklumat Kapolri dan edaran DMI serta melihat perkembangan Covid-19 semakin hari semakin meningkat dengan ini diserukan kepada seluruh pengurus Masjid, Ulama, dan Khatib Se-Kota Palembang, untuk sementara untuk tidak menyelenggarakn salat jumat," begitu isi surat imbauan tersebut.

Kemudian, untuk masyarakat yang tidak salat Jumat di masjid, bisa menggantinya dengan salat Zuhur di rumah masing-masing dan memperbanyak dzikir sorta do'a.

"Meski begitu azan tetap dikumandangkan sebagai tanda masuknya waktu salat," tulisnya.

Sementara itu, Ketua MUI Palembang, Saim Marhadan mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan sterilisasi masjid dan musala di lingkungan rumah.

"Seruan ini diambil setelah dilakukan pertemuan bersama dan masukan dari Dinkes dan sebagainya. Virusnya memang dari luar, namun kita tidak tahu apakah sudah menyebar di Palembang," kata Saim Marhadan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto