Walhi Sumsel Minta Pemda Fokus Antisipasi Bencana di 11 Daerah

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:30 WIB
Walhi Sumsel Minta Pemda Fokus Antisipasi Bencana di 11 Daerah
Warga bekerja bakti menyingkirkan material longsor yang menimbun jalan di Kabupaten OKU Selatan, Sumsel. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan (Sumsel) meminta pemerintah fokus antisipasi bencana hidrometeorologi terutama banjir dan tanah longsor. Ada 11 kabupaten dan kota yang dinilai rawan bencana.

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, M Hairul Sobri mengatakan, 11 daerah tersebut yakni, Kota Palembang, Pagaralam, Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas, Musirawas Utara, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, dan OKU Timur.

"Perlu antisipasi untuk daerah rawan banjir dan longsor sejak awal musim hujan, supaya bencana dapat dicegah," kata Hairul di Kota Palembang, Sumsel, Sabtu (17/10/2020).

Menurut dia, antisipasi yang perlu menjadi perhatian antara lain menghentikan penyimpangan tata ruang yang jadi penyebab banjir dan eksploitasi sumber daya alam (SDA).

Bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang, dan tanah longsor terjadi karena akumulasi kerusakan SDA akibat kesalahan pengolahan dan pemanfaatannya. Serta eksploitasi untuk kepentingan industri.

Banyaknya korban dan kerugian yang disebabkan bencana tersebut menunjukkan telah terjadi ketidakseimbangan ekologis, yang kemudian memicu perubahan iklim.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal