Truk Pengangkut Batubara Masih Lewat Jalinsum, Warga Baturaja Paksa Sopir Putar Balik

Widori Agustino ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 16:05 WIB
Truk Pengangkut Batubara Masih Lewat Jalinsum, Warga Baturaja Paksa Sopir Putar Balik
Warga memaksa truk pengangkut batubara yang akan melintasi Jalinsum memutar balik. (Foto: iNews/Widori A).

BATURAJA, iNews.id - Warga di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan (Sumsel) menghalau truk angkutan batubara melewati Jalan Lintas Sumatera di wilayah mereka. Langkah ini diambil karena tidak ada tindakan tegas atas dugaan pelanggaran para pengusaha nakal.

Warga yang tergabung dalam masyarakat pemerhati angkutan jalan (Mapan) ini menggelar aksi di simpang tiga PT Semen Baturaja. Mereka kesal dengan pengusaha dan transportir yang masih melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) mengangkut barang hasil tambang.

"Mereka ini sudah jelas-jelas melanggar Undang-Undang tentang Jalan. Kami harap polisi dan pemerintah daerah (pemda) dalam hal ini dinas perhubungan, bisa mengambil sikap tegas," kata seorang perwakilan massa, Hipzin di lokasi aksi unjuk rasa, Jumat (21/2/2020).

Dia juga mengaku kecewa dengan sikap dari pemerintah yang tak pernah melakukan upaya signifikan atas apa yang selama ini mereka suarakan. Kali ini, mereka berharap, aparat bisa langsung memberikan sanksi pidana bila pengusaha dan transportir kembali melanggar.

"Truk-truk angkutan mereka yang melintasi jalan ini membuat fungsi jalan terganggu," ujar dia.

Dalam aksi ini, warga yang tergabung dalam Mapan meminta para pengemudi truk angkutan batubara memutar balik ke arah Tanjung Enim. Mereka memblokir jalan tersebut, sehingga tidak bisa dilalui mobil angkutan hasil tambang milik transportir yang bekerja sama dengan PT Semen Baturaja.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal