TNI AU Akan Membuat Sistem Aplikasi Tata Kelola Bandara di Palembang

Antara · Rabu, 12 Februari 2020 - 21:50 WIB
TNI AU Akan Membuat Sistem Aplikasi Tata Kelola Bandara di Palembang
Komandan Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang, Kolonel Penerbang Firman Wirayuda (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan membuat sistem tata kelola bandara komersial. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi bahaya dan kecelakaan di objek vital negara.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang, Kolonel Penerbang Firman Wirayuda mengatakan, sebagai tahapan awal, mereka akan menyerap aspirasi dari banyak pihak agar sistem yang nantinya digunakan ini tetap meningkatkan bisnis jasa transportasi udara.

"Intinya TNI AU akan membuat sistem yang nantinya bakal digunakan seluruh pemangku kepentingan bandara,” kata Firman, Rabu (12/2/2020).

Firman menambahkan, sistem ini sangat penting karena selama ini diakui tidak ada aturan pelaksana yang cukup rinci hingga ke tingkat tataran terendah. Ternyata banyak aturan yang belum ada terkait peran PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang di lahan pangkalan udara seluas 720 Hektare itu.

"Otomatis ketiadaan software ini ada potensi bahaya dan kecelakaannya," kata dia.

Firman menganggap sistem itu sangat penting untuk mengawal kerja PT AP II dengan tentunya tidak mengesampingkan pertahanan dan keamanan negara.

Saat disinggung mengapa sistem tersebut baru direncanakan saat ini, Firman mengatakan, persoalan ini sebenarnya pada adminitrasi saja.

Semantara itu, General Manajer PT AP II, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Fahroji, mengatakan, mereka secara aktif memberikan masukan ke TNI AU terkait pembuatan sistem aturan pelaksana kerja di bandara ini.

"Pada prinsipnya kami siap berkoodinasi dan bersinergi," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto