Tertangkap Mengutil di Mall, Wanita Muda di Palembang Viral di Medsos

Guntur ยท Selasa, 03 Juli 2018 - 21:35:00 WIB
Tertangkap Mengutil di Mall, Wanita Muda di Palembang Viral di Medsos
Kedua pelaku yang mengutil di mall saat gelar perkara di Mapolsek Ilir Barat I Palembang. (Foto: iNews/Guntur)

PALEMBANG, iNews.id – Wanita muda yang tertangkap mengutil (mencuri) di Mall Palembang Square Extention (PSX), Sumatera Selatan (Sumsel), diberikan sanksi sosial oleh warga. Mereka merekam aksinya kemudian mengunggahnya ke media sosial (medsos) hingga menjadi viral.

Sejumlah warga kemudian membawa pelaku ke Polsek Ilir Barat I untuk diproses hukum. Tak hanya seorang, ternyata ada satu wanita lainnya yang juga turut diamankan di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP) karena melakukan perbuatan yang sama.

Informasi yang dihimpun iNews, pengungkapan kasus itu berawal dari kecurigaan petugas di salah satu tenant mall terhadap pelaku. Saat diperiksa, dugaannya terbukti, pelaku menyimpan pakaian hasil mengutil di balik bajunya.

Warga kemudian merekam dan menyuruh pelaku untuk mengeluarkan seluruh isi barang yang dicurinya. Tayangan video singkat itu memperlihatkan pelaku menanggalkan 13 barang curian dari balik bajunya yang kemudian viral di medsos.

Hasil pemeriksaan, diketahui identitas pelaku yakni berinisial KI (33), warga pendatang asal Kota Lubuk Linggau. Sementara pelaku kedua yakni RA (43), warga Jalan Pom IX, Kelurahan Lorok Pakjo, Palembang.

Pelaku KI mengaku perbuatan aksi mengutil itu baru kali pertamanya dia lakukan. Awalnya dia hanya ingin bermain ke mall. Namun saat melihat kondisi sepi, muncul niatnya mengutil sejumlah pakaian dan aksesories perempuan.

“Saya khilaf. Ini baru pertama kalinya, saya menyesal,” tutur KI, Selasa (3/7/2018).

Kapolsek Ilir Barat I Kompol Masnoni mengatakan, masih menyelidiki kasus tersebut. Namun jika melihat modus dan cara pelaku, pelaku tampak cukup biasa dengan perbuatan (mengutil) tersebut. “Dugaan kami perbuatan ini bukan hanya sekali dilakukan. Namun untuk pastinya masih diselidiki,” kata Masnoni.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku saat ini harus menanggung akibatnya. Keduanya mendekam di sel tahanan Mapolsek Ilir Barat I untuk kepentinyan penyidikan dan terancam hukuman empat hingga tujuh tahun kurungan penjara.


Editor : Donald Karouw