Tempat Wisata di Lahat Sumatera Selatan, selain Asri juga Menguji Adrenalin

Imam Badruzzaman ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 08:43:00 WIB
Tempat Wisata di Lahat Sumatera Selatan, selain Asri juga Menguji Adrenalin
Ilsutrasi, wisata arung jeram. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id -  Tujuh tempat wisata di Lahat, Sumatera Selatan memiliki daya tarik yang begitu kuat dan lokasinya begitu asri. Beberapa pilihan wisata di kabupaten ini juga menjadi buruan para wisatawan untuk berlibur menghabiskan akhir pekan mereka di Lahat.

Lahat merupakan distrik dengan kondisi alamnya masih asri. Memiliki julukan sebagai kota 1.000 air terjun membuat Lahat menjadi tempat yang pas bagi yang ingin berlibur sambil menjernihkan pikiran di air terjun.

Berikut tujuh tempat wisata di Lahat, Sumatera Selatan :

1. Air Terjun Goa Mata

Meski namanya air terjun, namun daya tarik utamanya bukan itu. Air terjun Goa Mata sempat viral di media sosial karena kejernihan air yang dimiliki di tempat ini. Pengunjung yang sedang bermain biasanya mengambil gambar dari bawah air. 

Bagi yang ingin berenang dan berfoto tidak perlu khawatir karena dasar sungainya tidak berlumut, berbatu bersih dan berpasir. Lokasinya, Serambi, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat

2. Bukit Besar Lahat

Bagi pencinta alam menggelar tenda di Bukit Besar Lahat. Tempat wisata ini merupakan tempat camping yang memiliki tinggi 1.700 mdpl. Butuh waktu tiga jam dan melewati tiga pos untuk mencapai puncak bukit besar. 

Jumlah pengunjung yang datang bisa sampai 1.000 orang per hari. Pengunjung yang ingin menikmati harumnya kopi dengan pemandangan indah bisa banget main – main ke Bukit Besar yang berlokasi di Desa Lubuk Pedaro, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat.

3. Air Terjun Buloh

Air terjun ini cukup unik karena bentuknya yang berupa tujuh tingkatan undakan menjadi keindahan sendiri untuk dinikmati pemandangannya. Memiliki keindahan seperti lukisan air terjun Buloh ini menjadi salah satu tempat wisata favorit warga sekitar untuk menikmati sejuknya angin segar. Setelah berkeliling Lahat air terjun Buloh ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meregangkan kaki sejenak. Lokasinya di Lubuh Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat.

4. Situs Megalitikum Batu Macan

Para pakar geografi mengakui Lahat menjadi pusat pemukiman manusia pada masa pra sejarah di Sumatera. Dibuktikan dari peninggalan situs megalitikum batu macan yang tercatat ada sekitar 1.027 benda peninggalan zaman megalitikum, masing – masing tersebar pada 40 situs megalitikum. 

Bahkan Museum Rekor Indonesia atau MURI mencatat, Lahat sebagai wilayah yang memiliki situs megalitikum terbanyak di Indonesia. Bagi yang ingin berlibur sambil belajar dan menikmati sejarah peninggalan nenek moyang boleh banget mengunjungi tempat ini di Pagar Alam Pagun, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

5. Taman 1000 Bunga Rumphon Cabe

Menjadi tempat wisata dengan berbagai macam tempat yang hits buat anak muda membuat taman 1.000 bunga rumphon cabe menjadi salah satu tempat wisata di Lahat, Sumatera Selatan yang wajib dikunjungi. Sesuai namanya, tempat ini ditumuhi oleh taman yang memiliki beragam macam bunga. 

Salah satunya, bunga celosia berwarna merah, kuning dan ungi yang mekar sepanjang tahun. Selain itu wisata yang banyak dikunjungi di sini, rumah pohon. Para pengunjung bisa masuk dan melihat isi dari rumah pohon tersebut. Lokasinya di Desa Lebuay Bandung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.

6. Air Terjun Maung

Air terjun maung juga menjadi salah satu air terjun yang memiliki banyak pengunjung. Keunikan air terjun yang terbentang dengan tinggi hingga 80 meter membuatnya seolah – olah merupakan air yang turun dari langit. Air mengalir juga sangat bersih dan jernih membuat siapapun yang main ke tempat ini tidak tahan untuk mandi. Lokasinya di Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat.

7. Telaga Bukit Serelo

Bagi yang sudah berwisata di Bukit Serelo bisa main ke telaga atau sungai di bawahnya. Sungai ini memiliki batuan yang berbentuk pahatan, sehingga tercipta lintasan dimana air dapat mengalir dengan deras yang cocok untuk bermain arum jeram. 

Wisawtawan yang ingin menguji adrenalin boleh banget mencoba bermain arung jeram bersama teman – teman. Arus yang kencang akan membuat kalian merasakan ketegangan yang luar biasa.

Itulah tujuh tempat wisata di Lahat, Sumatera Selatan yang bisa dikunjungi.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: