Tanah Longsor dan Banjir Bandang Terjang Lahat, Begini Kata Gubernur Sumsel

Antara ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 10:56 WIB
Tanah Longsor dan Banjir Bandang Terjang Lahat, Begini Kata Gubernur Sumsel
Petugas membersihkan material longsor di Lahat, Sumsel (Balaputra/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) diperintahkan untuk terjun ke lokasi terdampak bencana tanah longsor dan banjir di Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat, Sumsel. Perintah ini langsung datang dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Dia memastikan seluruh warga selamat dari bencana yang terjadi sejak Kamis dinihari (9/1/2020).

"Saya perintahkan BPBD untuk segera cek kebenaran itu. Apakah memang sudah pada tahap harus warganya diungsikan atau dibantu. Saya minta tim BPBD berangkat," kata Herman kepada wartawan.

Herman menegaskan, penanganan warga terdampak bencana alam harus dilakukan secara serius dan cermat. Sementara itu, pemprov akan memberikan bantuan berdasarkan klasifikasi bencana yang terjadi.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Lebat, Longsor dan Banjir Bandang Terjang 3 Kecamatan di Lahat

"Apakah itu sudah menyangkut nyawa yang artinya memang harus diungsikan atau berupa harta benda dan kebutuhan sandang lainnya seperti baju dan lain-lain," tuturnya.

Seperti diketahui, hujan deras mengguyur sebagian wilayah Sumatera Selatan. Banjir ini mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam. terputus.

Material tanah longsor itu menutup jalan nasional lintas Lahat-Pagaralam, Pulau Pinang sehingga tak bisa dilewati. Selain itu, empat desa di Kabupaten Lahat dikabarkan terendam air lebih dari satu meter.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto