Tak Gubris Tembakan Peringatan, Pencuri Ponsel Ambruk Ditembak Polisi

Sindonews, Berli Zulkanedy ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 20:27 WIB
Tak Gubris Tembakan Peringatan, Pencuri Ponsel Ambruk Ditembak Polisi
Ilustrasi polisi tembak pencuri (AFP)

PALEMBANG, iNews.id  - Jajaran Reskrim Polrestabes Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap seorang pria bernama Yosep (28). Dia ditangkap karena mencuri ponsel.

Kasub Pidum Reskrim Polrestabes Palembang, Ipda Andrean mengatakan, Yosep mencuri ponsel merek Oppo A3S di Jalan Kapten Cek Syech, Lorong Masjid, Bukit Kecil Palembang.

"Pelaku terpaksa ditembak karena tidak mengindahkan tembakan peringatan dari anggota," kata Andrean kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Andrean menambahkan, kejadian pencurian ini terjadi Rabu (25/3/2020), sekitar pukul 04.15 WIB. Saat itu korban terbangun karena mendengar suara berisik di ruang tamu. Kemudian korban melihat ada tangan yang masuk melalui jendela dan mengambil ponsel di atas meja.

"Melihat ponselnya akan dicuri, lantas korban langsung memegang tangan pelaku, sempat terjadi tarik menarik hingga membuat kaca jendela pecah. Namun pelaku berhasil mengambil ponsel milik korban dan kabur," kata dia.

Tak terima menjadi korban pencurian, korban akhirnya melapor ke polisi. Dalam laporan itu, korban mengalami kerugian satu unit ponsel merk Oppo A3S, seharga Rp1,9 juta. Atas laporan itu, polisi bergerak dan memangkap pelaku.

Usai ditangkap dan ditembak, kata Andrean, pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bari Palembang untuk mendapatkan perawatan. Setelah mendapat perawatan di RS BARI Palembang, pelaku dan barang bukti satu unit ponsel merk Oppo A3S dan potongan pecahan kaca langsung diamankan ke Mapolrestabes Palembang.

“Dari pengakuan tersangka, dia beraksi bersama seorang temannya inisial R (DPO) yang masih dalam pengejaran," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto