Siap-Siap, Besok Sumsel Akan Mulai Sensus Penduduk Online

Antara ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 10:55 WIB
Siap-Siap, Besok Sumsel Akan Mulai Sensus Penduduk Online
Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel akan lakukan sensus penduduk (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebentar lagi akan melakukan sensus penduduk. Sensus nantinya akan dilakukan dengan dua cara, yakni secara online dan wawancara.

Sensus penduduk online akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Sementara sensus wawancara akan dilakukan Juli 2020.

Sekretaris Daerah Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, sensus penduduk ini penting untuk mendapatkan data jumlah penduduk secara akurat. Dia juga meminta agar semua masyarakat Sumsel mengisi data sensus.

“Kalau kita bicara sensus penduduk artinya kita mencoba melakukan satu sensus dalam rangka mendapatkan satu data kependudukan yang valid. Ini sangat perlu untuk Indonesia satu data, Sumsel satu data,” kata Nasrun, Jumat (14/2/2020).

Nasrun menambahkan, dengan adanya data yang akurat, maka tujuan pembangunan tepat sasaran dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

"Sensus penduduk juga sebagai modal dasar dalam melakukan perencanaan pembangunan serta menjadi rujukan data," imbuhnya.

Lebih lanjut Nasrun mengatakan, untuk menghadapi tantangan perubahan data yang cepat, sensus penduduk 2020 akan dilakukan dengan inovasi pendataan melalui dua tahapan, yaitu tahapan sensus penduduk online dan Sensus penduduk wawancara.

Sensus ini akan dilakukan dengan metode kombinasi melalui pemanfaatan data administrasi kependudukan dan Ditjen Dukcapil.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto