Setahun Terakhir, Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Ribuan

Antara ยท Rabu, 23 November 2022 - 21:28:00 WIB
Setahun Terakhir, Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Ribuan
Sumur minyak ilegal di Musi Banyuasin sudah beberapa kali meledak dam terbakar. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Aktivitas penambangan minyak ilegal di Musi Banyuasin, Sumsel masih marak. Setahun terakhir, terdapat penambahan ribuan sumur minyak ilegal.

Berdasarkan pemetaan oleh Polda Sumsel dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumbagsel saat ini terdapat sebanyak 7.754 sumur minyak ilegal di Muba. Ribuan sumur minyak itu tersebar di beberapa kecamatan.

Kapolres Muba AKBP Siswandi mengatakan, jumlah sumur minyak ilegal pada tahun ini, justru mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 5.482 sumur. Padahal, pada tahun 2021, Polda Sumsel sudah menutup sebanyak 1.000 sumur minyak ilegal.

"Instruksi sudah jelas bahwa tidak ada toleransi terhadap penambangan minyak ilegal," katanya, Rabu (23/11/2022).

Pemkab Muba meminta TNI/Polri mengawasi lokasi penambangan minyak ilegal seperti di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang, karena menyebabkan kerusakan lingkungan dan merugikan masyarakat sekitar.

Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi mengatakan sebenarnya kegiatan ilegal ini sudah berhenti pada 15 Oktober 2022 karena ada semburan api, namun belum lama ini oknum masyarakat kembali beraktivitas. “Kami minta ada pengamanan ekstra dari TNI/Polri agar tidak berulang,” katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: