Sengketa Batas Lahan Kebun Sawit Antarkeluarga di Musirawas, 2 Orang Tewas

Era Neizma Wedya , Sindonews ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 10:37 WIB
Sengketa Batas Lahan Kebun Sawit Antarkeluarga di Musirawas, 2 Orang Tewas
Ilustrasi perkelahian. ( foto: Istimewa)

MUSIRAWAS, iNews.id - Sengketa lahan berujung bentrok yang menimbulkan korban jiwa terjadi di Desa Semangus Lama, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Dua orang dari masing-masing kubu tewas dalam pertikaian berdarah tersebut.

Kapolsek Muara Lakitan Iptu M Romi mengatakan, kronologi kejadian berawal dari sengketa batas lahan kebun kelapa sawit antara kedua belah pihak yang masih satu keluarga. Persoalan penentuan batas lahan ini sudah berlarut.

Romi menjelaskan, pemerintah Desa Semangus Lama sudah sering menengahi permasalahan tersebut. Namun, kedua belah pihak sama-sama merasa tidak puas sehingga kerap terjadi pertengkaran. 

Puncaknya terjadi pada Jumat (27/3/2020). Kedua pihak antarkeluarga masing-masing Nahkoda (35) dan Robinson (38) kembali bertikai soal batas lahan dengan Adnan (60) dan Rusman (30). Ketika itu, pertengkaran keluarga ini dipisahkan warga desa.

Mereka kemudian sepakat untuk bersama-sama menuju lokasi lahan yang disengketakan. Namun saat tiba di lokasi, kembali terjadi perselisihan hingga adu fisik. Robinson berhadapan dengan Adnan, sedangkan Nahkoda melawan Rusman.

Akibat duel berdarah itu, seorang dari masing-masing kubu tewas di lokasi kejadian. Polisi yang mendapat informasi kemudian mengamankan TKP dan sejumlah barang bukti.

"Kami amankan sepucuk senjata api rakitan laras pendek, tiga parang panjang dan sebilah keris," ujar Romi, Sabtu (28/3/2020).


Editor : Donald Karouw