Sempat Jadi PDP, Warga OKI yang Baru Pulang dari India Ternyata Positif Corona

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 21:00 WIB
Sempat Jadi PDP, Warga OKI yang Baru Pulang dari India Ternyata Positif Corona
Pasien suspect virus korona (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

OKI, iNews.id - Seorang warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) yang sempat pergi ke India resmi dinyatakan positif corona. Dia menjadi pasien dengan kode 019 di Sumsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Nur Purwoko Widodo, mengatakan, pasien kasus 019 merupakan seorang pria berusia 48 tahun. Dia juga sempat berada di Jakarta sepulang dari India.

"Kasus ini berstatus impor. Saat ini kasus 019 sudah di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang," kata Nur Purwoko di Palembang, Selasa (14/4/2020).

Hasil positif kasus 019 berdasarkan dua kali pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, kasus 019 sempat melakukan isolasi mandiri namun mulai menunjukan gejala sehingga dirujuk ke RSMH Palembang.

"Sementara hasil tes swab terhadap tiga orang yang berkontak dengan kasus 019 menujukan hasil negatif," kata dia.

Tambahan kasus 019 membuat Kabupaten OKI yang berstatus zona kuning karena memiliki tiga kasus positif Covid-19. Dari tiga orang itu, seorang di antaranya dinyatakan sembuh dan pulang pada 11 April 2020.

Selain tambahan kasus positif, hingga 14 April 2020 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel juga masih mengawasi 605 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 26 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sementara dari 19 kasus yang ada, 2 kasus telah meninggal dunia dan 3 kasus dinyatakan sembuh.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto