Sebelum Tewas Diterkam Hewan Buas, Petani di Lahat Pamit ke Kebun Durian

Era Neizma Wedya , Sindonews · Senin, 23 Desember 2019 - 17:08 WIB
Sebelum Tewas Diterkam Hewan Buas, Petani di Lahat Pamit ke Kebun Durian
Petugas bersama warga mengevakuasi korban tewas akibat diterkam harimau. (Foto: Sindonews).

LAHAT, iNews.id - Suwandi (57) (sebelumnya Suadi) ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan. Dia diduga menjadi korban keganasan harimau. Tubuhnya ditemukan di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Minggu (22/12/2019).

Salah seorang saksi bernama Jepri mengatakan, sebelum ditemukan tewas, korban pamit ke keluarganya untuk menuggu kebun durian milknya. Korban bahkan sudah pergi satu pekan sebelum ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan.

"Dia pamit untuk menunggu kebun durian miliknya," ujar Jepri kepada wartawan.

Jepri menambahkan, korban pertama kali ditemukan putranya yang saat itu berkunjung ke pondok yang ditempati korban untuk mengantar bahan makanan.

"Yang pertama kali menemukan korban adalah Volta (sebelumnya Poltak), anak kandung korban yang saat itu ke kebun untuk mengantarkan bahan makanan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Wilayah (BKSDA-SKW) II Lahat, Martialis Puspito mengatakan, korban belum bisa dipastikan tewas karen serangan harimau. Menurut penuturan keluarga, tubuh korban ditemukan oleh warga setelah anaknya melaporkan pondok kopinya rusak dengan beberapa bekas cakaran.

"Korban belum bisa dipastikan tewas akibat serangan harimau, beruang, ataupun anjing hutan karena saat kejadian ini tidak ada saksi yang melihatnya," kata Martialis.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto