Ratusan Santri Kembali ke Gontor, Gubernur Sumsel: Semua Negatif Covid-19

Bambang Irawan ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 10:31 WIB
Ratusan Santri Kembali ke Gontor, Gubernur Sumsel: Semua Negatif Covid-19
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Ratusan santri pondok pesantren dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dilepas orang tuanya di halaman Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Para orang tua menangis melihat anaknya kembali ke pondok pesantren.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru memastikan pemberangkatan ini sesuai prosedur protokol kesehatan di antaranya jenjang tahapan rapid test. Hasilnya para santri dinyatakan negatif Covid-19.

"Pemprov Sumsel sudah mengadakan jenjang rapid test kesehatan santri, saat mereka datang dulu juga dikarantina. Semua santri sehat," ucap Herman di Palembang, Minggu (21/6/2020).

Penuh haru dan antusias orang tua saat melepas anaknya naik ke sembilan bus yang disediakan Pemerintah Provinsi Sumsel menuju Jawa Timur. Sebanyak 336 santri asal Bumi Sriwijaya dari total 660 berangkat hari ini, setelah pihak Ponpes dan Unida Gontor mengonfirmasi untuk memulai belajar tatap muka. Ia

Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Alumni Pondok Modern Gontor Cabang Sumsel, Hendrawan M Ilyas menjelaskan para santri yang berangkat memegang keterangan sehat sehingga diharapkan pada 22 Juni mendatang sudah bisa belajar tatap muka kembali.

"Kami sesuai prosedur protokol kesehatan harus rapid test dan surat keterangan sehat menuju pondok pesantren," ucap dia.

Selama belajar para santri diharapkan tetap menggunakan masker dan menjaga imunitas tubuh.


Editor : Faieq Hidayat