Punya Sertifikat Sehat, Satu Warga Sumsel dari Natuna Bebas Korona

Antara ยท Senin, 17 Februari 2020 - 10:52 WIB
Punya Sertifikat Sehat, Satu Warga Sumsel dari Natuna Bebas Korona
WNI yang diobservasi di Natuna terkait wabah virus korona (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan warganya berinisial HF tidak terinveksi virus korona. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Lesty Nuraini.

Menurut Lesty, HF merupakan satu-satunya warga Sumsel yang dievakuasi dari Wuhan, China saat virus korona mewabah. Dia dan 237 WNI lainnya menjalani observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

"Kepastian itu didapat setelah HF menjalani masa observasi virus korona selama 14 hari di Natuna," kata Lesty Nuraini, Senin (17/2/2020).

Lesty menambahkan, kondisi kesehatan warga Sumsel itu cukup baik. Bahkan, Ia bersama WNI lainnya mendapat sertifikat sehat dari Kementerian Kesehatan.

"Mereka sudah dinyatakan sehat karena sudah dilakukan observasi sesuai prosedur standar kesehatan dan tidak ada gejala apa-apa," kata dia.

Meski begitu, kata Lesty, Dinkes tidak akan lepas tangan meski HF sudah dipulangkan dan dinyatakan sehat. Dia akan memantau kondisi mahasiswa tersebut.

"Dia idak terinfeksi virus korona. Kalaupun nantinya ada penurunan kesehatan, hal itu kemungkinan karena adanya perbedaan suhu," kata dia.

Lesty mengimbau agar masyarakat di lingkungan HF tidak perlu khawatir dengan kondisi kesehatannya. "Warga tak perlu khawatir, dia bebas dari virus korona dan bebas melakukan aktivitas seperti biasa,"katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto