Presiden Instruksikan TNI-Polri Percepat Vaksinasi untuk Antisipasi Varian Omicron

Fahreza Rizky · Jumat, 03 Desember 2021 - 18:56:00 WIB
Presiden Instruksikan TNI-Polri Percepat Vaksinasi untuk Antisipasi Varian Omicron
TNI dan Polri mendapatkan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk mempercepat vaksinasi. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Covid-19 varian baru Omicron menjadi kekhawatiran baru karena disebutkan memiliki kecepatan dalam penularan. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI-Polri mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk melindungi masyarakat dari penularan virus Corona.

"Saya minta ini sekali lagi Pak Kapolri dan seluruh jajaran, Panglima TNI beserta semua jajaran vaksinasi ini segera kita selesaikan, secepat-cepatnya. Artinya terus, digencarkan terus. Sampai hari ini sudah divaksin sudah 240 juta dosis. Dosis pertama 67,8 persen. Dosis kedua 46,9 persen," ujarnya saat memberi arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

Menurut Jokowi, vaksinasi lengkap 70 persen masih jauh dari capaian karena itulah dia ingin semua pihak dibantu TNI-Polri bekerja keras mempercepat vaksinasi. Jokowi juga mengungkap adanya 15 provinsi yang masih di bawah 60 persen cakupan vaksinasinya. "Sumsel, Sumbar. NTT, Kalbar, Kalsel, Riau, Sulbar, Sulsel, Maluku utara, Sulteng, Papua barat, Maluku, Sultra, Aceh, Papua," katanya.

Jokowi juga menyebut 87 persen pasien di Afrika Selatan yang dirawat akibat varian Omicron memang belum divaksin. "Ini yang di Afsel. Karena dia pertama kali ditemukan di situ. Dan 70 persen yang kena adalah anak di bawah 4 tahun. Dan sebagian besar yang meninggal dunia berusia di atas 60 tahun," tutupnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: