Prajurit Kodim Lahat Bantu Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Antara ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 20:00 WIB
Prajurit Kodim Lahat Bantu Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor
Tim gabungan dari Kodim Lahat dan anggota Polri setempat bantu warga atasi banjir di Lahat, Sumsel (Antara)

LAHAT, iNews.id - Jajaran TNI dari Kodim 0405/Lahat turun tangan membantu korban longsor dan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel). Dandim 0405/Lahat Letkol (Kav) Sungudi mengatakan, anggotanya membantu bersama anggota Polsek dan warga setempat untuk membersihkan bekas longsor.

"Anggota Bhabinsa Kodim Lahat dan Bhabinkantibmas Polsek setempat bersama warga mendatangi lokasi dan melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait," kata Sungudi kepada wartawan di Sumsel, Kamis (9/1/2020).

Selain membantu mengevakuasi material tanah longsor, lanjut Sungudi, jajarannya juga membantu warga yang terkena banjir.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Lebat, Longsor dan Banjir Bandang Terjang 3 Kecamatan di Lahat

"Anggota Bhabinsa TNI dibantu Bhabinkantibmas Polri membantu warga untuk menyelamatkan barang barang milik warga yang terendam akibat banjir," imbuhnya.

Sungudi menambahkan, akibat banjir bandang ini, puluhan rumah warga terendam banjir. Banjir ini diakibatkan isntensitas hujan yang tinggi di wilayah Lahat serta naiknya air Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

"Kantor desa juga turut terendam dan puluhan hektare sawah warga turut tergenang akibat banjir, yang mengakibatkan tanaman padinya rusak. Korban jiwa alhamdulillah sementara waktu tidak ada," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto