Polres OKI Gelar Simulasi Cegah Penjarahan dan Kerusuhan saat Pandemi Corona

Sindonews.com, Novan Wijaya ยท Rabu, 08 April 2020 - 13:40 WIB
Polres OKI Gelar Simulasi Cegah Penjarahan dan Kerusuhan saat Pandemi Corona
Polres Ogan Komering Ilir gelar simulasi dengan sistem Tactical Floor Game (Novan Wijaya/Sindonews)

OKI, iNews.id - Jajaran Polres Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar simulasi untuk mengatasi pelanggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pelanggaran biasanya terjadi seperti penjarahan atau kerusuhan.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy mengatakan, simulasi ini dilakukan dengan cara Tactical floor games (TFG). TFG merupakan sebuah pemaparan yang dilakukan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur pelaku atau orang melalui sebuah peta.

"Hal itu akan menjadi gambaran tentang pergerakan pasukan, baik pada saat aman maupun situasi kontijensi sekalipun," kata Alamsyah, Rabu (8/4/2020).

Alamsyah menambahkan, simulasi melalui TFG ini digelar di Mapolres OKI dengan melibatkan unsur Pemkab OKI untuk mempersiapkan dan mengantisipasi hal terburuk yang dimungkinkan dapat terjadi dalam waktu yang tak menentu, termasuk diwilayah Kabupaten OKI  

”Kegiatan ini salah satu guna mempersiapkan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, termasuk juga selama masa pandemi ini. Kita mewaspadai sejumlah pelanggaran jika PSBB seperti aksi penjarahan ataupun kerusuhan. Termasuk kejahatan yang rentan terjadi saat akhir-akhir bulan suci Ramadhn dan saat arus mudik," kata dia.

Sementara itu, Kabag Ops Polres OKI Kompol Panjaitan mengatakan, mekanisme simulasi tersebut dilaksanakan berdasar Surat Telegram No. st/1098/iv/huk.7.1./2020 Kapolri. TFG ini juga melibatkan steakholder lainnya untuk saling berkoordinasi.

“Sekitar 400 lebih personel gabungan termasuk sejumlah instansi jajaran Pemkab OKI disiapkan, kita ke depankan koordinasi mewaspadai tindakan dan ancaman kejahatan dalam skala yang dimaksud," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto