Polda Sumsel Limpahkan Berkas Kasus Bus Masuk Jurang di Pagaralam

Okezone, Melly Puspita ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 12:20 WIB
Polda Sumsel Limpahkan Berkas Kasus Bus Masuk Jurang di Pagaralam
Tim labfor periksa kondisi bus Sriwijaya yang jatuh ke jurang Pagaralam (Yuddy/iNews)

PALEMBANG, iNews.id – Kasus kecelaakaan maut Bus Sriwijaya yang menewaskan 35 orang di Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) terus bergulir. Teranyar, berkas kasus kecelakaan dengan tersangka Rizaldi (53) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pagaralam.

Rizaldi merupakan pemilik Perusahaan Otobus (PO) Sriwijaya dijadikan tersangka lantaran menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas kecelakaan ini.

"Berkasnya sudah kami kirim ke kejaksaan untuk ditindaklanjuti," kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi, Kamis (27/2/2020).

Supriyadi menambahkan, berkas kasus itu sudah dilimpahkan sejak 18 Februari 2020. Saat ini, pihak Polda Sumsel masih menunggu keputusan apakah berkasnya lengkap atau harus dikembalikan untuk dilengkapi kembali.

Dalam kasus ini, polisi tidak menahan Rizaldi padahal dia menyandang status tersangka. Supriyadi mengatakan jika selama ini tersangka kooperatif dengan penyidik.

Rizaldi dijadikan tersangka karena membiarkan Bus Sriwijaya tetap beroperasi mengangkut penumpang, padahal kondisinya tidak layak jalan. Bahkan, tersangka disangka tidak punya inisiatif untuk memperbaiki bus yang rusak.

Seperti diketahui, bus Fuso BM Sriwijaya dengan nomor polisi BD 7031 AU terjun ke dalam jurang sedalam 150 meter pada Senin 23 Desember 2019.

Bus itu menabrak pembatas beton saat melintas di Jalan Lintas Pagar Alam-Lahat KM 9 Desa Plang Kenidai, Kelurahan Plang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagar Alam. Dalam insiden itu, 35 orang tewas termasuk sopir dan kernet bus.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto