Polda Sumsel Blender 26,2 Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi

Antara ยท Kamis, 09 April 2020 - 21:11 WIB
Polda Sumsel Blender 26,2 Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi
Polda Sumsel Musnahkan barang bukti narkoba jenis sabu dan ekstasi (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) memusnahkan narkoba seberat 26,2 kilogram sabu dan 2.186 butir pil ekstasi. Narkoba itu merupakan barang bukti hasil pengungkapan kasus sepanjang bulan Februari hingga akhir Maret 2020.

Diresnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heri Istu Haryono mengatakan, barang bukti narkoba jenis sabu dan pil ekstasi itu disita dari 23 tersangka. Pemusnahan barang bukti narkoba itu dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air yang dicampur deterjen menggunakan blender.

"Kami bersama instansi terkait berupaya secara maksimal melakukan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Sumsel," kata Heri Istu, di Mapolda Sumsel, Kamis (9/4/2020).

Heri menambahkan, polisi akan menggalakan operasi untuk menekan peredaran narkoba di Sumsel. Selain itu, polisi juga berupaya memberikan sanksi hukum maksimal terutama terhadap pelaku pengedar dan bandar narkiba.

"Untuk bandar dan pengedar akan kami kembangkan hasil penjualan narkoba itu ke kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)" kata dia.

Dia berharap, masyrakat berpartisipasi dalam pemberantasan narkoba di wilayah hukum Sumsel.

"Jika masyarakat mengetahui di sekitar tempat tinggal atau tempat aktivitas lainnya terdapat penyalahgunaan dan peredaran narkoba, diharapkan melaporkannya kepada aparat kepolisian terdekat," kat dia.

Pemusnahan disaksikan pula oleh Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi, Harli Siregar dan perwakilan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumsel.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto