Pilgub Sumsel, Dodi-Giri Klaim Menang di 11 Kabupaten dan Kota

Bambang Irawan ยท Kamis, 28 Juni 2018 - 18:44:00 WIB
Pilgub Sumsel, Dodi-Giri Klaim Menang di 11 Kabupaten dan Kota
Cagub Sumsel, Dodi Reza Alex dan istri. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Dodi Reza Alex-Giri Ramanda menyatakan sikap tak terpengaruh atas klaim kemenangan paslon nomor urut 1 yang unggul dalam hitung cepat atau quick count, Rabu (27/6/2018) kemarin.  Pasangan nomor urut 4 itu masih menunggu hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel.

Dodi mengatakan, optimistis mampu memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel, meski paslon Herman Deru-Mawardi Yahya mengklaim kemenangan berdasarkan beberapa lembaga survei. Menurutnya beberapa lembaga survei juga memberikan kemenangan kepada paslon nomor urut 4, namun mereka sepakat tidak menjadikan quick count sebagai acuan. Bagi Dodi, sampel dan metodologi lembaga survei berbeda satu sama lain.

“Suara kami harus tetap dijaga jangan sampai terjadi kecurangan karena kami sangat optimistis Insya Allah dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku kami akan jadi pemenang. Kalau kami mengklaim kemenangan quick count kami punya dua lembaga yang memenangkan kami. Tapi kami masih menunggu hasil real KPU,” kata Dodi, Kamis (28/6/2018).

Dia mengungkapkan, pihaknya lebih yakin dengan saksi-saksi yang disebar di tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengamankan perolehan suara. Saat ini data yang masuk 75 persen dan unggul di 11 kabupaten/kota di Sumsel.

Sementara itu, Cawagub Giri Ramanda Kiemas mengatakan belum bisa mempublikasi hasil perhitungan suara dari formulir C1 KWK saksi karena belum 100 persen. Dia meminta semua pihak menunggu real count dari KPU Sumsel, 9 Juli 2018, mendatang.

“Langkah-langkah jelas kami punya saksi sampai keseluruh TPS di seluruh Sumsel. Sekarang sudah 75 persen dan kita lihat permasalahan di TPS akan dilaporkan kebawaslu. Jadi dari analisis sementara, kita menang di 11 kabupaten/kota,” ujar Giri.

Pilkada Sumsel 2018, memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5,7 juta jiwa, dengan jumlah TPS 16.903 yang tersebar di 17 kabupaten dan kota.


Editor : Muhammad Saiful Hadi