Petahana Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Prabumulih

Berrie Brima ยท Rabu, 10 Januari 2018 - 20:43:00 WIB
Petahana Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Prabumulih
Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya-Ardiansyah Fikri. (Foto: iNews/Berrie Brima)

PRABUMULIH, iNews.id – Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), Ridho Yahya-Ardiansyah Fikri (Ridho-Fikri) akan melawan kotak kosong pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) bulan Juni 2018. Kesepuluh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Prabumulih dipastikan mendukung calon petahana tersebut.

Ridho Yahya mengatakan, kesepuluh partai politik tersebut yaitu Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai tersebut sepakat mengantarkan Ridho-Fikri saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prabumulih.

“Sebenarnya calon tunggal di pemilihan kali ini merupakan dampak dari lima tahun saya sebagai wali kota Prabumulih. Kami buat program bersama DPRD mendapatkan respon yang positif oleh masyarakat. Alhamdulillah seluruh partai yang mendukung kami tanpa mahar,” ujarnya, Rabu (10/1/2018).

Dia berpesan walaupun dia dan pasangannya akan melawan kotak kosong, masyarakat tetap menjaga ketertiban. Bahkan dia mengatakan agar tidak ada yang mengampanyekan untuk pilih kotak kosong. “Saya minta agar masyarakat tetap menjaga keamanan selama pilkada,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Prabumulih, M Tahyul meyakinkan proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku. Dia bersama komisioner lain akan lebih gencar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Prabumulih sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

“Walaupun calon tunggal tetap akan diselenggarakan pilkada, karena sesuai dengan undang-undang. Kami akan melaksanakan sesuai dengan aturan, tetap memfasilitasi Pilkada Prabumulih, seperti tes kesehatan dan lain-lain,” ucapnya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi