Pesan Petani untuk Luhut yang Akan Audit Perusahaan Sawit

Advenia Elisabeth ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 15:42:00 WIB
Pesan Petani untuk Luhut yang Akan Audit Perusahaan Sawit
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan segera melakukan audit perusahaan perkebunan kelapa sawit. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan segera melakukan audit perusahaan perkebunan kelapa sawit. Petani memberikan catatan khusus agar audit tidak hanya sebatas perizinan, namun juga permasalahan berlanjutan terkait aspek lingkungan. 

Sekretaris Jendral Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto mengatakan, langkah audit yang akan dilakukan Menko Marves seharusnya tidak saja berfokus pada persoalan perizinan, tetapi mencakup semua permasalah laten yang ada di lapangan saat ini.

"Pembenahan tata kelola industri perkebunan sawit di tanah air tidak berhenti pada persoalan legalitas seperti perizinan, HGU dan plasma. Industri sawit nasional juga menjadi perhatian dunia internasional terutama menyangkut keberlanjutan terutama pada aspek lingkungan yang menyangkut masalah deforestasi dan kebakaran lahan dan hutan," ungkap Darto kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (27/5/2022).

Dia menyampaikan, pembenahan sistem perkebunan kelapa sawit harus datang dari komitmen pemerintah sendiri terutama dalam hal penyusunan kebijakan dan aturan yang diikuti langkah audit dan evaluasi terhadap kepatuhan pelaku usaha di sektor industri sawit.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: