Pemprov Sumsel Maksimalkan Angkut Batubara dengan Kereta Api

Antara ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 12:21 WIB
Pemprov Sumsel Maksimalkan Angkut Batubara dengan Kereta Api
Batubara (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) akan berupaya memaksimalkan angkutan batubara menggunakan kereta api. Hal ini dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan pendapatan daerah.

"Pemprov terus menggali pendapat daerah di antaranya memaksimalkan pemanfaatan kereta api, khususnya dalam pengangkutan batubara dengan membangun jalur tambahan," kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Kamis (6/2/2020).

Herman menambahkan, pengangkutan batu bara dengan menggunakan kereta api sebenarnya sudah diterapkan sejak lama. Langkah itu juga diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 74. Meski sudah diatur, dirinya tetap mengawasi dan fokus agar pendistribusian batu bara bisa maksimal.

"Ini kerja komprehensif antara Kemenhub, Kementerian Energi dan pastinya Pemprov Sumsel. Sejak adanya Pergub nomor 74 kita terapkan pengangkutan batubara melalui jalur khusus, salah satu alternatifnya kereta api," kata dia,

Lebih lanjut Herman mengatakan, ada tiga moda yang digunakan dalam pengangkutan batubara di Sumsel. Mulai dari pusat tambang, batubara diangkut menggunakan truk dan kontainer menuju stasiun.

"Dari stasiun, diangkut menggunakan kereta api. Tentunya lebih efisien dan tidak banyak gangguan lalu lintas. Setelah di stasiun simpang diangkut lagi menggunakan truk ke terminal khusus selanjutnya disebar baik untuk ekspor maupun penggunaan di dalam negeri," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto