Pemda Tidak Punya Kewenangan Atasi Tambang Minyak Ilegal

Antara ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:31:00 WIB
Pemda Tidak Punya Kewenangan Atasi Tambang Minyak Ilegal
Sumur minyak ilegal meledak di Keban 1 Sanga Desa, Musi Banyuasin. (Foto: Ist)

MUBA, iNews.id - Pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk menindak aktivitas penambangan minyak dan gas (migas) secara ilegal. Semua kewenagan terkait aktivitas pertambangan berada di Kementerian ESDM. 

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Selatan Hendriansyah menyatakan hal ini terkait peristiwa meledaknya sumur minyak ilegal di Desa Keban 1 Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hendriansyah mengatakan semua kewenangan yang berkaitan dengan aktivitas pertambangan tersebut mulai dari pengawasan, pengelolaan ataupun penindakan berada di Kementerian ESDM. "Sudah sejak dulu kewenangan pengawasan maupun pengelolaan berada di Kementerian ESDM," katanya, Rabu (13/10/2021).

Untuk itu, pemerintah di tingkat kabupaten maupun provinsi menjadi kurang responsif menindaklanjuti peristiwa ini karena harus berkoordinasi dulu dengan pihak kementerian. “Jadi kalau ada kejadian seperti ini (sumur meledak), kami langsung harus segera berkoordinasi dengan Kementerian ESDM,” ujarnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: