Patahkan Stigma Sumsel Rawan Harimau, Gubernur Gelar Wisata Bareng Warga

Antara ยท Senin, 03 Februari 2020 - 11:43 WIB
Patahkan Stigma Sumsel Rawan Harimau, Gubernur Gelar Wisata Bareng Warga
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru akan melakukan wisata bersama masyarakat. Wisata bersama ini dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat jika teror Harimau di Sumsel sudah berlalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aufa Syahrizal mengatakan, wisata bersama ini akan dilakukan di Kota Pagaralam, karena tingkat kunjungan wisata ke Kota Pagaralam menurun drastis karena ada teror harimau ke manusia.

"Selain itu juga berimbas terhadap turunnya daya beli masyarakat terhadap usaha rumah makan, swalayan, pusat oleh-oleh dan industri lainnya," kata Aufa kepada wartawan, Senin (3/2/2020).

Aufa menambahkan, Gubernur Herman nantinya akan melakukan wisata camping bersama di kawasan "Camping Ground" Rizal Pelang Kenidai Pagaralam.

Lebih lanjut Aufa mengatakan, dengan menggelar wisata bersama, pihaknya optimistis jika masyarakat akan kembali percaya jika Pagaralam dan sekitarnya aman, kondusif dan layak menjadi tujuan wisata.

Harimau saat ditangkap (Antara).
Harimau saat ditangkap (Antara).

 

"Jadi wisata bersama dengan gubernur itu juga untuk memastikan bahwa konflik itu hanya terjadi di kawasan hutan lindung bukan di kawasan wisata," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni berterima kasih kepada gubernur karena memperhatikan wisata di Pagaralam.

"Jadi untuk menghilangkan kesan tersebut gubernur akan berkunjung bersama sekaligus camping," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto