Kuasa Hukum Nilai Penetapan Wabup OKU Jadi Tersangka Korupsi Cacat Hukum

Antara ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 12:45 WIB
Kuasa Hukum Nilai Penetapan Wabup OKU Jadi Tersangka Korupsi Cacat Hukum
Ilustrasi korupsi

PALEMBANG, iNews.id - Kuasa hukum Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Johan Anuar, Titis Rachmawati, tidak menerima penetapan status tersangka kasus korupsi oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan. Mereka menilai status tersangka yang menjerat klienya itu cacat hukum.

"Apa yang diungkapkan saksi ahli dalam proses persidangan praperadilan di Pengadilan Negeri Baturaja beberapa hari lalu sudah jelas bahwa kasus yang disangkakan kepada klien kami tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Titis, di Palembang, Sabtu (11/1/2020).

BACA JUGA: Warga Sumsel Diimbau Waspada Banjir dan Longsor selama Musim Hujan

Dia menegaskan, kasus hukum yang menjerat Johan Anuar sudah berjalan lebih dari tiga tahun. Banyak hal-hal yang melanggar prosedur dilakukan oleh penyidik terhadap kliennya.

Titis menjelaskan, pemohon tidak melalui tahapan penyelidikan dan penyidikan. Tiba-tiba Johan Anuar ditetapkan menjadi tersangka.

BACA JUGA: Lawan Harimau, Petani di Muara Enim Terluka Cakaran di Bagian Paha

"Ini aneh, bahkan terkesan lucu. Itulah sebabnya kami menilai penetapan sebagai tersangka terhadap klien kami adalah cacat hukum," ujarnya.

Dia berharap hakim yang menangani praperadilan terhadap penetapan tersangka korupsi tersebut bisa melihat, menilai dan berani dalam mengambil keputusan secara adil.


Editor : Nani Suherni