KPK Sebut Korupsi Bukan Budaya tapi Perilaku yang Salah

Antara · Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:22:00 WIB
KPK Sebut Korupsi Bukan Budaya tapi Perilaku yang Salah
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Direktur Pembinaan dan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Direktur Pembinaan dan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi mengatakan setiap warga harus mengecamkan di dalam hati bahwa korupsi bukan budaya bangsa. Menurutnya, korupsi adalah perilaku yang salah. 

“Korupsi itu bukan budaya tapi perilaku yang salah,” kata Kumbul saat membuka acara sosialisasi antikorupsi bertemakan “Mewujudkan Keluarga Antikorupsi melalui Penananaman Nilai-Nilai Integritas" di Palembang, Kamis (11/8/2022).

Budaya itu selalu berkaitan dengan kebaikan budi karena berasal dari hasil daya cipta, rasa, dan karsa manusia yang tentu melahirkan perilaku dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Lantaran korupsi sebagai hal yang biasa dan amat sulit diberantas membuat ini seolah-olah sudah menjadi budaya bangsa. Sejak tahun 2004 hingga 2022, sebanyak 1.425 orang telah ditangkap KPK dengan berbagai latar belakang mulai dari pejabat setingkat menteri bahkan eselon yang terendah.

Tentunya pandangan ini tak bisa dibenarkan karena sejatinya korupsi bukan merupakan budaya bangsa Indonesia, tetapi merupakan suatu penyakit yang menggerogoti bangsa. Oleh karena itu, KPK menilai keluarga agen perubahannya karena sebagai lingkungan terkecil di masyarakat menjadi tempat penanaman nilai-nilai karakter berintegritas.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: