Komandan Satgas Karhutla: 478 Titik Api di Sumsel Sudah Dipadamkan

Bambang Irawan ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 14:05:00 WIB
Komandan Satgas Karhutla: 478 Titik Api di Sumsel Sudah Dipadamkan
Komandan Operasi Satgas Karhutla Sumsel, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumatera Selatan (Sumsel) sudah memadamkan lebih dari 400 titik api. Titik api besar yanhg signifikan dan bisa memicu karhutla dapat dipadamkan dengan sinergitas anggota dan warga.

Berdasarkan pantauan udara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, terlihat lahan gambut di Ogan IIir, Ogan Komering Ilir (OKI) , Musi Banyuasin (Muba) dan Muara Enim mengalami kebakaran. Terlihat asap putih pekat mebumbung tinggi akibat kebakaran.

"Kemarin memadamkan 4 hektare lebih di Muara Enim, satu hari sudah kami padamkan. Titik api sudah 478 signifikan atau yang besar. Kalau yang kecil tidak dihitung," kata Komandan Operasi Satgas Karhutla Sumsel, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, Senin (24/8/2020).

Jauhari menambahkan, api berhasil dipadamkan sudah menerapkan pola penanganan dini. Penanganan dini ini dilakukan dengan memadamkan titik api yang timbul.

"Satu titik api kecil saja sekarang sudah dikeroyok ramai-ramai, dipadamkan secara masif dengan melibatkan masyarakat secara luas," kata Jauhari.

Pantauan udara karhutla di Sumsel (BNPB)
Pantauan udara karhutla di Sumsel (BNPB)

Pria yang juga menjabat sebagai Danrem 044 Gapo, saat ini kekuatan TNI yang melakukan operasi karhutla di Sumsel sebanyak enam satuan setingkat kompi (SSK).

"Ditambah bantuan dua SSK dari Polda Sumsel. Kekuatan tersebut sudah secara masif masuk ke lokasi-lokasi rawan api," kata dia.

Jauhari melanjutkan, masih ada kendala dalam proses pemadaman terlebih jika titik api berada di lokasi yang sulit dijangkau.

"Saat ini sedang dalam proses pembuatan kendaraan yang mampu bergerak dalam kondisi medan yang berat untuk membantu pemadaman," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto