Kolam Retensi Simpang Bandara Palembang Segera Dibangun, Tahap Pertama dengan Dana Rp30 Miliar

Bambang Irawan ยท Rabu, 13 April 2022 - 15:56:00 WIB
Kolam Retensi Simpang Bandara Palembang Segera Dibangun, Tahap Pertama dengan Dana Rp30 Miliar
Gubernur Sumsel meninjau lahan yan akan dibangun kolam retensi pengendali banjir di Kebun Bunga Palembang. (Foto: Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Kolam retensi simpang bandara Palembang segera dibangun dengan luas sekitar empat hektare. Proyek pengendali banjir di Kecamatan Sukarami ini dibangun dalam dua tahap, yakni tahap 1 dengan anggaran Rp30 miliar di tahun 2023 dan tahap 2024 Rp32 miliar. 

Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang telah menyelesaikan proses pembebasan lahan dan ditargetkan pada November mendatang sudah dapat tender. "Sudah disiapkan anggaranya Rp30 miliar tahap pertama dan Rp32 miliar di tahap kedua. Target tender November, Januari 2023 sudah dikerjakan," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII, Maryadi Utama, Rabu (13/4/2022). 

Tahap pertama pekerjaan dengan penggalian tempat penampuangan, dan tahap kedua fasilitas seperti pompa dan sebagainya. 

Untuk percepatan proyek ini, Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Sekda Kota Palembang Ratu Dewa melakukan pengecekan, Rabu (13/4/2022). Pengecekan dilakukan untuk memastikan pembebasan lahan berjalan dan pembangunan dapat segera dimulai untuk mengurangi banjir. 

Lahan yang akan dibangun kolam retensi berada di Jalan Lebak Jaya, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami. "Ditargetkan selesai 2024, target paling tidak mereduksi atau mengurangi banjir yang terjadi. Khususnya banjir di tiga kelurahan," katanya. 

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: