Kemenag Palembang Minta PPIU Tak Terima Pendaftaran Jemaah Umrah

Antara ยท Senin, 02 Maret 2020 - 20:45 WIB
Kemenag Palembang Minta PPIU Tak Terima Pendaftaran Jemaah Umrah
Jemaah umrah asal Sumsel yang gagal terbang ke Arab Saudi (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk sementara tidak menerima pendaftaran jemaah umrah. Hal ini dilakukan terkait langkah pemerintah Arab Saudi yang melakukan pemberhentian sementara layanan umrah karena wabah virus korona.

"Jadi Kemenag mengimbau PPIU untuk sementara tidak menerima pendaftaran umrah sampai ada kepastian dari Arab Saudi," kata Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin, Senin (2/3/2020).

Sementara itu, Dirjen Penyelengara Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengimbau kepada PPIU agar pendaftaran bagi jemaah umrah sementara dihentikan terlebih dahulu sampai adanya kepastian keberangkatan.

“Ini dilakukan untuk meminimalisir dampak kerugian lebih besar. Jangan sampai jemaah menyetorkan dananya untuk berangkat umrah, apalagi untuk paket pemberangkatan dalam waktu dekat, namun keberangkatannya tidak pasti," kata Nizar.

Jika pendaftaran tetap dibuka, jemaah tentu tidak bisa langsung berangkat. Sebab, PPIU akan mendahulukan jemaah yang saat ini sudah terdaftar, namun tertunda keberangkatannya.

Dari data Kementerian Agama, jemaah yang gagal berangkat pada tanggal 27 Februari 2020, mencapai 2.393 orang. Mereka berasal dari 75 PPIU, dan rencana awalnya akan diterbangkan oleh 8 maskapai. Jumlah ini akan terus bertambah seiring tertundanya keberangkatan jemaah selama masa penangguhan sementara ini.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto