Kasus Covid-19 Kembali Ditemukan di Muaratara, Padahal Sempat Masuk Zona Hijau

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:55 WIB
Kasus Covid-19 Kembali Ditemukan di Muaratara, Padahal Sempat Masuk Zona Hijau
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Masyarakat di Sumatera Selatan (Sumsel) diminta benar-benar disiplin menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sebab potensi penularan virus corona melalui udara harus diwaspadai.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, pernyataan ini disampaikan World Health Organization (WHO). Karena itu dia meminta warga serius menerapkan protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

"Pernyataan WHO tentu didukung dengan penelitian yang valid. Kami sepakat penggunaan masker menjadi sangat penting," kata Yusri di Kota Palembang, Sumsel, Jumat (10/7/2020).

Menurut dia penggunaan masker yang termasuk dalam protokol kesehatan merupakan upaya terakhir mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi tren kasus di Sumsel sejauh ini masih turun naik.

Seperti tambahan 93 kasus baru pada hari ini Jumat (10/7/2020) yang nyaris menyamai rekor temuan 119 kasus baru pada 15 Mei lalu. Saat ini total kasus positif di Sumsel mencapai 2.568 orang.

"Kasus baru ini berasal dari Kota Palembang, Kabupaten PALI, Banyuasin, Muara Enim. Lalu OKI, OKU, Ogan Ilir, Prabumulih, Lubuklinggau dan Muaratara," ujar dia.

Munculnya kembali kasus baru di Kabupaten Muratara, kata dia, cukup disayangkan. Karena wilayah tersebut sudah dinyatakan sebagai zona hijau atau tidak terdapat penambahan kasus baru.

"Untuk Muratara, Prabumulih dan OKU selama beberapa pekan terakhir memang tidak ada penambahan kasus baru," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal