Kasus Covid-19 Fluktuatif, Palembang Kembali Masuk Zona Merah

Antara ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 07:50 WIB
Kasus Covid-19 Fluktuatif, Palembang Kembali Masuk Zona Merah
Peta penyebaran Covid-19 di Palembang. (Foto: Antara).

PALEMBANG, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dinilai masih fluktuatif. Daerah tersebut sempat masuk kategori zona oranye selama satu pekan terakhir dan kembali lagi menjadi zona merah Covid-19.

"Kemarin Palembang zona oranye tapi hari ini zona merah lagi," kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo, di Kota Palembang, Sumsel, Jumat (24/7/2020).

Dia mengakui, angka penularan virus corona di daerahnya memang masih fluktuatif atau turun naik. Karena itu dia menilai, sejumlah kebijakan pemulihan kegiatan masyarakat akan dipertimbangkan lagi.

Selain itu dia menilai, kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan memiliki peranan besar. Begitu juga razia dan operasi yang dilakukan petugas gabungan di tempat umum menyasar para pelanggar.

"Tetap saja kesadaran kolektif itu yang lebih penting supaya penyebarannya tidak meluas," ujar dia.

Palembang, kata dia, merupakan kota paling sibuk di Sumsel, sehingga perlu penanganan ekstra dalam menghambat laju penyebaran Covid-19. Di antaranya kedisiplinan warga memakai masker dan menjaga jarak saat beraktivitas.

"Jika kebiasaan itu belum menjadi kesadaran tentu penyebaran virus corona akan meningkat dan semakin sulit menuju zona hijau," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal