Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Pantau Command Center Karhutla di Polda Sumsel

Antara ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 14:12 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Pantau Command Center Karhutla di Polda Sumsel
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Pantau Command Center Karhutla di Polda Sumsel (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memantau kesiapan personel dan peralatan di ruangan pusat kendali penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pusat kendali atau Command Center ini berada di Mapolda Sumatera Selatan (Sumsel).

Di sana, Komjen Listyo melakukan uji coba komunikasi dengan beberapa personel yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel.

Layar monitor ruangan pusat pengendali penanggulangan Karhutla tampak menunjukkan titik-titik berwana hijau yang menandakan ada 4.133 personel Polri jajaran Polda Sumsel yang dalam posisi siap siaga dihubungi (on call).

"Para personel yang on call itu akan menerima perintah untuk melaporkan kondisi kamtibmas dan peristiwa lainnya termasuk kebakaran hutan dan lahan di wilayah tugasnya," kata Listyo, Rabu (11/3/2020).

Tak hanya itu, Komjen Listyo juga perintahkan petugas di lapangan untuk menjalankan tugas memantau kawasan hutan dan lahan pertanian atau perkebunan yang ada di wilayahnya agar tidak terbakar atau dibakar secara sengaja.

Nantinya, jika kawasan hutan dan lahan terpantau dalam kondisi kering dan berpotensi terjadi kebakaran, diminta untuk melaporkan kondisi tersebut ke Command Center untuk dilakukan koordinasi tindakan pencegahan Karhutla.

"Begitu pula jika menemukan ada masyarakat dan pihak perusahaan perkebunan yang melakukan pembakaran secara sengaja untuk segera melaporkan temuan itu dan melakukan tindakan penegakan hukum," kata dia.

Melalui upaya tersebut diharapkan masalah kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini dapat diminimalkan sehingga dapat dicegah timbulnya bencana kabut asap.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto