Jaga Habitat Harimau, Warga Sumsel Diimbau Tak Tebang Pohon Sembarangan

Antara ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 13:45 WIB
Jaga Habitat Harimau, Warga Sumsel Diimbau Tak Tebang Pohon Sembarangan
Harimau Sumatera di hutan (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta kepada seluruh masyarakat Sumsel agar tidak menebang pohon sembarangan di kawasan hutan lindung. Dia ingin masyarakat selalu menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

Herman menuturkan, dengan terjaganya kondisi hutan lindung, maka habitat harimau sumatera akan terjaga. Beberapa pekan terkahir, warga Sumsel diteror harimau. Harimau meresahkan masyarakat karena habitatnya terganggu akibat adanya penebangan hutan.

BACA JUGA: Akhirnya, Seekor Harimau Masuk Perangkap BKSDA di Muara Enim

"Jadi harimau itu biar tidak keluar dari habitatnya tentu rantai makanan harus terjaga. Domisilinya juga harus terjaga," ujar Herman kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

BACA JUGA: Harimau yang Tertangkap di Muara Enim Dievakuasi ke Pusat Konservasi Lampung

Oleh karena itu, lanjut Herman, masyarakat Sumsel bersama-sama melestarikan hutan sehingga hewan dan lingkungan menjadi lestari.

Seperti diketahui, seseekor harimau dewasa tertangkap di Semendo Darat Ulu, Muara Enim. Harimau itu masuk ke perangkap yang dipasang BKSD dengan umpan anak kambing. Harimau akhirnya dievakuasi ke pusat konservasi di Lampung.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto