Industri Mi Formalin Dicampur Boraks Digerebek, Ternyata Sudah Beroperasi 5 Tahun

Widori Agustino · Sabtu, 24 April 2021 - 04:25:00 WIB
Industri Mi Formalin Dicampur Boraks Digerebek, Ternyata Sudah Beroperasi 5 Tahun
Temuan mi berformalin dan mengandung boraks saat razia. (Foto: Antara).

BATURAJA, iNews.id - Polisi mengrebek industri rumahan pembuat mi kuning basah di kawasan Jalan Ahmad Yani Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel). Dari hasil penyelidikan, tempat tersebut sudah beroperasi lima tahun lebih.

Produksi di tempat tersebut yang berada di Lorong Jambu Tirta II, Kelurahan Kemelak Bindung Langit ini sudah mencapai satu ton per hari. Mirisnya mi mengandung formalin dan boraks.

Penyelidikan dipimpin langsung Kanit Pidsus Satreskrim Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Iptu Charli. Tim mengungkap aksi curang Dedi Sunata (37) setelah mendatangi TKP.

"Terdapat kandungan boraks dan formalin dalam proses pembuatan mi kuning basah itu," kata Kasat Reskrim Polres OKU, AKP Priyatno, Jumat (23/4/2021).

Dedi ditemani dua pekerjanya Irawan (43) dan Heriyanto (43). Mereka mengaku sengaja mencapur adonan mi menggunakan bahan baku boraks dan formalin. Aksi ini dilakukannya lima tahun terakhir dan memproduksi satu ton per hari.

"Mereka mengemas mi yang sudah jadi ke dalam kantong plastik merah. Masing-masing 10 kilogram, lalu dipasarkan di seputaran Kota Baturaja," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: