Imbas Wabah Virus Korona, Masker di Palembang Langka

Erwin Setiawan ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 10:37 WIB
Imbas Wabah Virus Korona, Masker di Palembang Langka
Ilustrasi masker. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, iNews.id - Maraknya wabah virus korona di berbagai negara membuat warga berbagai daerah berburu masker. Seperti juga warga di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Akibat permintaan yang tinggi, harga masker pun ikut melonjak sementara persediaan terbatas.

Di Palembang, tak hanya warga lokal yang berburu masker sebagai sarana perlindungan diri, namun juga wisatawan untuk dibawa ke negara asal. Harga masker juga melonjak dari yang biasanya seharga Rp25.000 hingga Rp30.000 per kotak, kini menjadi Rp100.000 hingga Rp150.000 per kotak.

Para penjual masker juga mengalami kesulitan karena persediaan masker yang ada di kota Palembang saat ini habis terjual.

Seperti pengakuan salah satu penjual masker di Apotik Ogan Palembang, Lani, penjualan masker pascaimlek memang meningkat tajam. Sudah 3.000 boks masker habis terjual. Bahkan saat ini, stok masker masih kosong dari pabrik, sementara permintaan masih tinggi.

“Sampai saat ini, kami belum jual masker lagi karena kosong barangnya,” katanya, Selasa (11/2/2020).

Sementara seorang distributor masker, Bambang mengaku, harga dari distributor masih stadar. Meski demikian dia tidak menampik jiaka harga jual di pasar sudah naik. Biasanya dari distributor, satu boks masker harganya Rp18.000.

“Tapi kini naiknya sudah dua kali lipat, tapi karena stok juga belum ada, jadi belum tahu harga sekarang” katanya.


Editor : Umaya Khusniah