Hasil Quick Count Pilkada Sumsel: Herman Deru-Mawardi Yahya Menang

Wildan Catra Mulia, Sindonews ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 18:59 WIB
Hasil Quick Count Pilkada Sumsel: Herman Deru-Mawardi Yahya Menang
Pasangan Herman Deri-Mawardi Yahya menang di Pilkada Sumsel 2018. (Foto: Okezone/Dok).

PALEMBANG, iNews.id – Pasangan calon Herman Deru-Mawardi Yahya berhasil memenangi Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 berdasarkan hitung cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Deny JA. Herman-Mawardi meraup 35,91 persen suara.

Peneliti LSI Miftah Khairi Amrillah menuturkan, di tempat kedua yakni pasangan Dodi Reza Alex - Giri Ramada yang mendapatkan 31,76 persen, disusul Ishak Mekki - Yudha Pratomo dengan 21,08 persen dan Aswari Rivai - Irwansyah 11,25 persen.

"Ini berdasarkan data masuk 93,4 persen yang kita anggap sudah cukup hingga pukul 17.30 WIB. Kita ambil 350 TPS dari 16.903 TPS di Sumsel," kata Amrillah dalam jumpa pers di Aryaduta Palembang, Rabu (27/6/2018).

Menurut Amril, terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kemenangan Herman-Mawardi. Pertama, mereka berhasil mengarahkan basis massa loyal ke TPS untuk memilihnya, yakni di OKU Timur yang mencapai di atas 79 persen.

Kedua, Deru menang dalam perebutan di Kota Palembang dengan pemilih yang padat atau besar. Ketiga, Deru dan tim berhasil tepis dan rekonfirmasi isu negatif yang menyerang.

Keempat, Deru dianggap berhasil memimpin OKU Timur. Kelima, rival yakni Dodi Reza dianggap masih muda dan belum berpengalaman. "Terakhir ada isu cukup berkembang Dodi dompleng bapaknya. Jadi belum saatnya pimpin Sumsel," katanya.

Peneliti senior LSI Denny JA Ardian Sopa sebelumnya mengungkapkan, beberapa faktor yang mempengaruhi kemenangan kandidat di Pilkada Sumsel antara lain kepuasan masyarakat terhadap gubernur saat ini yaitu Alex Noerdin. Apabila kepuasan masyarakat positif maka bisa mempengaruhi pasangan Dodi-Giri.

"Anak Gubernur saat ini kan maju dalam Pilkada Sumsel, ketika negatif maka berimbas pada anaknya yang maju dalam Pilkada," ujarnya di Jakarta. Dia juga mengatakan efektivitas basis dukungan dan kekuatan mesin partai politik pendukung menjadi variabel penentu kemenangan dalam Pilkada Sumsel.


Editor : Zen Teguh