Hadiri Pelantikan Rektor UIBA, Gubernur Herman Deru Minta Kampus Jadi Solusi 

Bambang Irawan · Rabu, 05 Agustus 2020 - 00:15 WIB
Hadiri Pelantikan Rektor UIBA, Gubernur Herman Deru Minta Kampus Jadi Solusi 
Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri pelantikan rektor UIBA Palembang. (Foto: iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menginginkan setiap perguruan tinggi yang berada di Provinsi Sumsel, terus menciptakan terobosan. Sehingga dapat menjadi prioritas yang akan menghadirkan solusi baik secara pengetahuan maupun bidang lainnya. 

“Maka prioritas jangan semua dibuat prioritas, karena ketika semua menjadi prioritas sama dengan tidak ada prioritas. tentukan dulu, duduk bersama apa yang menjadi unggulan,” kata Herman Deru saat mengahadiri Pelantikan Rektor Universitas IBA Periode 2020-2024, di Ruang Utama Yayasan IBA Jalan. Mayor Ruslan Palembang, Selasa (4/8/2020).

Menurut Herman Deru, perguruan tinggi kalau menyajikan demonstrasi harus dengan solusi, tidak hanya berunjuk rasa. “Negara kita negara besar yang butuh informasi dari semua lini. Pemerintah daerah tidak boleh ego begitu juga dengan perguruan tinggi,” katanya.

Herman Deru mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumsel segera meluncurkan program pengangkatan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) honorer khusus bidang pertanian. Pada 2021 nanti, PPL tersebut akan diisi oleh para sarjana. 

“Saya programkan pengangkatan PPL honorer pertanian se-provinsi yang akan ditempatkan di kabupaten/kota untuk kemajuan sektor pertanian. Akan baik lagi jika sarjana pertanian karena mereka yang lebih paham untuk memberikan penyuluhan bagi masyarakat," katanya.

Program PPL ini nantinya, dipercaya Herman Deru dapat mengubah petani tidak lagi menjadi buruh di lahan sendiri, melainkan petani yang menjadi entreprenuer di lahannya. 

“Kita saat ini akan buka panselnya, bahwa sarjana yang punya basic pertanian ditambah ilmu pengetahuannya dibidang ekonomi itu salah satu yang menjadi parameter untuk kita terima. penerimaan sebanyak 1.000 orang akan kita sebar se-Provinsi Sumsel 2021 nanti,” katanya. (Advertorial)


Editor : Kastolani Marzuki