Gubernur Sumsel Minta Petugas Tangkap dan Pindahkan Harimau ke Bonbin

Antara ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 13:29 WIB
Gubernur Sumsel Minta Petugas Tangkap dan Pindahkan Harimau ke Bonbin
Ilustrasi Harimau ditangkap (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyarankan agar petugas menangkap dan memindahkan harimau yang selama ini meresahkan warga. Nantinya, harimau itu akan ditangani oleh tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang didatangkan dari Jambi.

Menurutnya, tim dari KLHK sedang dalam perjalanan ke Muaraenim untuk mengatasi permasalahan harimau.

"Saya sudah meminta tim agar KLHK dan BKSDA menangkap harimau yang meresahkan warga. Ditangkap saja secara khusus mungkin dengan tembakan bius atau sejenisnya dan dibawa ke kebun binatang (bonbin) atau taman safari. Agar mereka tetap dapat terpelihara secara baik," kata Herman di Palembang, Kamis (2/1/2019).

BACA JUGA: Teror Harimau, Pemprov Sumsel Dapat Bantuan Puluhan Kamera Trap dari NGO

Herman menambahkan, upaya penangkapan itu tidak lepas dari keberadaan harimau sebagai hewan yang sangat dilindungi. Dia menyarankan kepada masyarakat agar tetap waspada saat beraktifitas sembari menunggu tim dari KLHK tiba dan menangkap harimau.

Seperti diketahui, sejumlah warga di kawasan Sumatera Selatan diteror harimau. Terbaru ada dua orang yang tewas akibat serangan harimau. Gubernur Herman sudah melapor ke Kementerian LHK agar harimau itu ditangkap.

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan predator puncak alami yang hidup soliter dan memerlukan wilayah jelajah sangat luas, sekitar 100 Hektare untuk satu harimau jantan dewasa. Habitat alami harimau banyak yang rusak dan dialihfungsikan menjadi kebun sawit dan tambang terbuka.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto