Gubernur Desak KPAD Sumsel Lakukan Pencegahan Kekerasan Anak

Antara ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 12:11 WIB
Gubernur Desak KPAD Sumsel Lakukan Pencegahan Kekerasan Anak
Gubernur Sumsel Herman Deru Lantik KPAD (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mendesak Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) untuk melakukan pencegahan dini kekerasan terhadap anak. Menurutnya, KPAD jangan hanya menunggu laporan soal kekerasan anak dari masyarakat saja namun perlu melakukan upaya pencegahan secara dini.

Herman mencontohkan cara menghadapi anak yang gemar menonton Youtube dengan konten yang tidak pas dengan usianya. Salah satu caranya dengan memberikan informasi ke masyarakat mulai dari Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di lingkungan Rukun Tetangga (RT).

"Sekarang ini anak-anak itu gemar sekali nonton youtube. Sampai abai dengan lingkungan sekitar. Kalau ini kita biarkan tentu salah, karena anak bisa jadi anti sosial. Makanya sosialisasinya juga jangan hanya formal tapi informal, perlu juga termasuk dengan melibatkan Posyandu," kata Herman di Palembang, Selasa (21/1/2020).

BACA JUGA: Demo Siswa Sekolah di DPR, Ini Hasil Temuan KPAI

Herman menambahkan, dirinya menaruh harapan besar pada KPAD Sumsel agar bisa melindungi anak-anak di Provinsi Sumsel dari kekerasan.

"Pencegahan preventif itu paling penting menurut Saya. Karena jika sudah terjadi luka khususnya psikologis anak akan sulit sembuh dan dirasakannya seumur hidup," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPAI Dr Sutanto memberikan apresiasinya kepada Gubernur Sumsel atas komitmen besarnya membangun sistem perlindungan bagi anak-anak di daerah itu.

Dengan kehadiran KPAD ini dia berharap dapat menunjang beberapa hal seperti perlindungan anak di Sumsel semakin baik, dengan mengutamakan pencegahan dan penanganan.

"Makanya pencegahan harus dilakukan dengan berbagai cara baik di ranah keluarga maupun di satuan pendidikan. Sebab di dua ranah ini kasus kekerasan kerap terjadi," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto