Edarkan Uang Palsu, Pemuda di Lubuklinggau Ditangkap Polisi

Era Neizma Wedya , Sindonews ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 19:59 WIB
Edarkan Uang Palsu, Pemuda di Lubuklinggau Ditangkap Polisi
Ilustrasi polisi menangkap pengedar uang palsu (AFP)

LUBUKLINGGAU, iNews.id - Tim Satrekrim Polsek Lubuklinggau Utara mengungkap kasus peredaran uang palsu (upal). Dalam kasus ini, polisi menangkap seorang pelaku bernama Hermansyah alias Herman (22).

Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Harrison Manik mengatakan, pelaku diketahu warga Jalan Pelita RT 05, Kelurahan Pelita Jaya Kecamatan Lubuklinggau Barat 2 Kota Lubuklinggau.

"Pelaku ditangkap setelah kami mendapat informasi dari masyarakat, ada seorang pria yang tidak dikenal sedang membawa uang palsu," kata Harrison, Jumat (26/6/2020).

Atas laporan itu, kata dia, anggota melakukan penyelidkan dan sekitar pukul 19.00 WIB berhasil menangkap pelaku.

Setelah berhasil diamankan, kata Harrison, polisi melakukan pengeledahan terhadap pelaku dan ditemukanlah barang bukti uang diduga palsu di dalam kantong celananya sebelah kiri.

"Ada upal senilai Rp800.000, kemudian di dalam dompet milik pelaku, ditemukan uang di duga palsu juga sebesar Rp1.700.000. Masing-masing uang tersebut pecahan Rp100.000," kata dia.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Harrison, pelaku mengaku diperintah dan ditawarkam keuntungan oleh seseorang berinisial L dan H. Kedua orang itu berada di Bengkulu.

"Jika semua uang Rp2,5 juta tersebut laku maka pelaku cukup menyetorkan kepada temannya tersebut sebesar Rp700.000 saja. Sedangkan sisanya untuk pelaku," katanya.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 244 KUHP dan atau Pasal 36 Jo Pasal 26 ayat (3) Undang-Undang RI Nomor 07 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman di atas satu tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto