Edarkan 20 Kilogram Sabu dan Ekstasi, Pengedar Asal Sumsel Dituntut Hukuman Mati

Antara ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 10:43 WIB
Edarkan 20 Kilogram Sabu dan Ekstasi, Pengedar Asal Sumsel Dituntut Hukuman Mati
Terdakwa kasus narkoba Michael Kosasih yang simpan 20 kg Sabu dan Ekstasi (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Seorang pengedar narkoba bernama Michael Kosasih (26) dituntut hukuman mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Michael merupakan terdakwa kasus narkoba dengan barang bukti 20 kilogram sabu dan 18.800 pil ekstasi.

"Sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 114 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, maka menuntut agar terdakwa Michael Kosasih dengan pidana mati," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imam Murtado di PN Khusus Klas IA Palembang, Rabu (22/1/2020).

BACA JUGA: Pengedar Narkoba di Palembang Simpan Sabu di Kotak Mainan Anak Avangers

Pada persidangan yang dipimpin majelis hakim Erma Suharti tersebut, JPU menyebut terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan perbuatan melawan hukum dengan sengaja memiliki, menyimpan dan memperjualbelikan narkotika golongan 1 bukan tanaman dengan berat melebihi ketentuan serta tanpa izin.

Sementara itu, terdakwa Michael Kosasih akan mengajukan pleidoi secara tertulis pada sidang selanjutnya.

"Kami mengajukan pleidoi atas pertimbangan hak asasi manusia, mungkin hukumannya bisa lebih diringankan," kata kuasa hukum Michael, Desmon usai persidangan.

BACA JUGA: Pria Ini Nekat Isap Ganja di Dalam Toilet Perpustakaan Nasional Jakarta

Sebelumnya, Michael ditangkap personel BNNP Sumsel saat berada di ruko kawasan Simpang Bandara, Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL), Kota Palembang pada Senin (26/8/2019).

Dari penangkapan tersebut, BNNP mengamankan barang bukti 20 kilogram sabu-sabu dalam 20 bungkus dan satu bungkus kantong kertas besar berisi ekstasi total 18.800 butir di kursi belakang mobil Michael.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto