Dinkes: Masyarakat Jangan Panik, OKU Masih Aman dari Korona

Antara ยท Jumat, 06 Maret 2020 - 16:58 WIB
Dinkes: Masyarakat Jangan Panik, OKU Masih Aman dari Korona
Seorang petugas mempersiapkan peralatan untuk tindakan medis pasien suspect korona. (Foto: Antara)

BATURAJA, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan wilayahnya aman dari virus korona (Covid-19). Hal ini diungkapkan agar warga di OKU tidak panik menghadapi korona.

"Masih aman, kami justru mewaspadai sikap masyarakat. Saya imbau agar masyarakat jangan panik berlebihan," kata Sekretaris Dinkes OKU Rozali, Jumat (6/3/2020)

Rozali menambahkan, kepanikan terjadi sejak pemerintah mengumumkan adanya dua warga Indonesia yang terinfeksi korona. Sehingga, masyarakat OKU banyak yang memburu masker.

"Sampai-sampai barang ini langka di pasaran OKU. Namun untuk stok masker di fasilitas kesehatan (faskes) khususnya milik pemerintah masih tersedia baik masker N95, maupun masker medis biasa," kata dia.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes OKU, Amrina Yulita menambahkan, sejak awal virus ini menyebar, pihaknya sudah mengingatkan masyarakat agar tidak panik.

"Penggunaan masker hanyalah untuk mereka yang sakit saja, bukan orang sehat. Orang sehat gunakan masker terbatas apabila sedang berada di kerumunan atau berada di daerah yang sudah tertular," kata dia.

Penularan virus ini, lanjut Amrina, hanya terjadi melalui kontak erat jarak dekat serta adanya percikan ludah dari penderita korona

"Upaya yang kami lakukan saat ini lebih memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak panik berlebihan menghadapi korona," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto