Desak Pembentukan Kabupaten Baru Kikim Area, Pemprov Sumsel Akan Surati Presiden Jokowi

Antara ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 20:35 WIB
Desak Pembentukan Kabupaten Baru Kikim Area, Pemprov Sumsel Akan Surati Presiden Jokowi
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel usai dilantik Presiden Jokowi (iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya mendorong pencepatan pembentukan kabupaten baru Kikim Area di Kabupaten Lahat. Dirinya akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), Kikim Area.

"Insha Allah nanti Pak Gubernur melalui Biro Pemerintahan dan Otda untuk mengirim surat ke Presiden dalam mempercepat pemekaran tersebut," kata Mawardi, Selasa (18/2/2020).

Mawardi menambahkan, DOB Kikim Area ini nantinya akan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lahat.

"Ini salah satu cara jalan keluar mempercepat pembangunan di Kabupaten Lahat," kata dia.

Sekadar informasi, Kikim Area merupakan DOB pecahan dari Kabupaten Lahat. Kikim Area nantinyan akan mempunyai lima kecamatan, yakni Kecamatan Kikim Barat, Kecamatan Kikim Timur, Kecamatan Kikim Selatan, Kecamatan Kikim Tengah dan Pesiksu.

Wacana pembentukan DOB sebenarnya telah bergulir sejak 2013 lalu. Namun, terkendala moratorium yang dikeluarkan Pemerintah Pusat.

Kikim Area memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah. Di antaranya kandungan batubara di dalam wilayah yang mencapai 2.355 juta ton. Ada juga minyak dan gas bumi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto