Darurat Bencana Corona, KAI Sumsel Akan Kembalikan Biaya Tiket Penumpang Kereta

Antara ยท Senin, 23 Maret 2020 - 18:56 WIB
Darurat Bencana Corona, KAI Sumsel Akan Kembalikan Biaya Tiket Penumpang Kereta
Petugas menyemprotkan Disinfektan ke gerbong LRT Palembang (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengembalikan biaya tiket penumpang kereta api di wilayah Sumatera Selatan. Tiket yang akan dikembalikan untuk perjalanan kereta jarak jauh dan lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Manajer Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti mengatakan, langkah ini diambil untuk merespons perpanjangan status darurat bencana wabah virus corona oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana hingga 29 Mei 2020.

"Kebijakan ini diterapkan untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah," kata Aida kepada wartawan, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut Aida mengatakan, pembatalan dapat dilakukan secara online di aplikasi KAI Access atau bisa langsung datang ke loket pembatalan stasiun mulai 23 Maret 2020.

"Pembatalan untuk tiket perjalanan KA Sindang Marga, KA Sriwijaya, KA Serelo dan Rajabasa," kata dia.

Sebelum kebijakan ini berlaku, penumpang yang membatalkan tiket untuk tanggal 23 Maret hingga 29 Mei 2020 akan dikenakan pemotongan sebesar 25 persen.

"Uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30-45 hari secara transfer atau tunai sesuai kehendak penumpang," kata dia.

Sementara, untuk penumpang rombongan yang sudah menyerahkan uang muka, dapat mengajukan pengembalian uang muka.

Kemudian untuk rombongan yang belum mencetak tiket, diberikan sekali kesempatan untuk dapat mengajukan perubahan jadwal selama tempat duduk dan kereta penggantinya masih tersedia.

"Pelayanan untuk penumpang rombongan dilakukan di kantor KAI dimana proses transaksi sebelumnya dilakukan," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto