Cegah Virus Korona, Tim Medis Perketat Pemeriksaan Penumpang di Bandara SMB II Palembang

Antara ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 11:56 WIB
Cegah Virus Korona, Tim Medis Perketat Pemeriksaan Penumpang di Bandara SMB II Palembang
Thermal Scanner yang dipasang dipasang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Sumatera Selatan (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Petugas kesehatan atau tim medis di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) memperketat pengawasan penumpang yang datang dari luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona.

Petugas efidemilog Kantor Kesehatan Pelabuhan SMB II Palembang Merry Natalia mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner.

BACA JUGA:Cegah Wabah Virus Korona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal Scanner

"Setiap penumpang pesawat yang masuk ke terminal kedatangan dideteksi suhu tubuhnya, jika diketahui kondisinya kurang sehat dengan suhu tubuh yang tinggi dilakukan pengecekan kesehatannya untuk mengetahui penyebabnya apakah faktor kelelahan melakukan perjalanan jauh atau terinfeksi virus korona," kata Merry kepada wartawan, Sabtu (25/1/2020).

Merry menambahkan, jika saat diperiksa oleh tim medis kondisinya mengalami ganggguan kesehatan biasa, diizinkan untuk pulang namun jika terdeteksi terinfeksi virus korona akan diberikan tindakan pengobatan dan dikarantina agar tidak menularkan kepada orang lain.

Lebih lanjut Merry menuturkan, thermal scanner ini sudah dipasang sejak Kamis lalu (23/1/2020). Hingga saat ini, petugas belum menemukan penumpang pesawat udara dan kapal laut dari luar negeri yang terpapar virus korona.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto