Bupati Muba Dodi Reza Minta Warga Rantau Tunda Pulang Kampung

Sindonews, Dede Febriansyah ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 11:49 WIB
Bupati Muba Dodi Reza Minta Warga Rantau Tunda Pulang Kampung
Bupati Muba Dodi Reza. (Foto: SINDOnews/Dede Febriansyah)

SEKAYU, iNews.id - Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza mengimbau warga rantau agar menunda keinginan pulang kampung. Khususnya mereka yang merantau di daerah pandemik Covid-19.

"Sebaiknya jangan pulang kampung terlebih dahulu. Ini juga sebagai upaya dalam melindungi dan menjaga keluarga kita di kampung masing-masing," ujar bupati, Sabtu (28/03/2020).

Kepala Dinkes Muba Azmi Dariusmansyah mengatakan, instansinya dan Forkopimcam bersama Puskesmas serta Puskesmas pembantu terus menggalakan sosialisasi tata cara menerima warga yang sebelumnya berdomisili dari daerah terjangkit corona. Ada 10 poin protokol yang edukasikan dan perlu diketahui warga.

"Salah satunya jangan panik, lakukan apa yang diedukasi dan disosialisasikam sehingga bisa satu persepsi dalam mencegah penyebaran virus corona di daerah," kata Azmi.

Dia juga meminta kepada warga agar segera melapor kepada RT/RW, kepala desa maupun perangkat desa jika terdapat keluarga atau tetangga yang baru pulang dari daerah lain. Khususnya dari wilayah pandemik corona.

"Laporkan orang dalam pemantauan (OPD) ke aparat desa setempat untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan ke Puskesdes atau Puskesmas setempat," ujarnya.


Editor : Donald Karouw