BMKG Ungkap Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di Sumsel

iNews.id ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 09:52:00 WIB
BMKG Ungkap Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di Sumsel
BMKG menyebutkan ada potensi hujan sedang di Sumsel Kamis (5/8/2021). (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi angin kencang, kebakaran lahan hingga hujan lebat pada Kamis (5/8/2021) di sejumlah wilayah di Indonesia. Di Sumatera Selatan (Sumsel) yang kini tengah berjuang mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) disebutkan juga berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Hujan sangat dinantikan di Sumsel, karena sejumlah daerah telah terjadi karhutla. Salah satunya melanda ratusan hektar lahan di Pemulutan Ogan Ilir. Asap pekat menutupi Jalintim dan ruas Tol Palembang - Indralaya. 

Selain di Sumsel, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Kemudian juga di Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. 

Sementara potensi angin kencang berada di Provinsi Aceh seperti di wilayah Aceh Besar, Sabang, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Bireun dan sebagainya. Selain itu, potensi angin kencang juga terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti di wilayah Alor, Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: