Berkeliaran saat Corona, Gepeng dan Pemulung di Prabumulih Diamankan Petugas

Berrie Brima ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 10:56 WIB
Berkeliaran saat Corona, Gepeng dan Pemulung di Prabumulih Diamankan Petugas
Ilustrasi pengemis (Okezone)

PRABUMULIH, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) menertibkan pemulung, gelandangan dan pengemis (gepeng). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran mata rantai virus corona atau Covid-19 di Prabumulih.

Sekretariat Daerah (Setda) Prabumulih, Elman mengatakan, penertiban ini dilakukan oleh tim gabungan dari Pemkot, anggota Polri dan TNI di Prabumulih.

“Penertiban dilakukan sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Prabumulih,” kata Elman, Selasa (12/5/2020).

Elman menambahkan, penertiban ini menindaklanjuti adanya laporan masyarakat terkait banyaknya pengemis di sekitar lokasi. Parahnya, mereka mengemis sambil membawa bayi.

Dari pantauan, sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas gabungan dengan para gepeng ini. Meski berusaha kabur, para gepeng dan pemulung berhasil diamankan. Puluhan pengemis yang diamankan kemudian dibawa ke dinas sosial dan didata.

Lebih lanjut Elman mengatakan, pihaknya akan menindak tegas jika orang yang telah ditangkap dan didata itu melakukan aktivitas mengemis atau menggelandang lagi di jalanan.

“Akan kami tindak tegas jika mereka melakukan aktivitas mengemis, menggelandang dan memulung lagi,” kata dia.

Elman menegaskan jika mereka sudah mendapat bantuan dari pemerintah sebagai warga yang terdampak corona. Sehingga tak perlu lagi turun ke jalan untuk mengemis.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto